Nama :
Kelas :
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan
manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi
dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih
mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi
adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi
microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran,
mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari
microsoft office adalah mincrosoft office word.
B. Tujuan
Setelah membaca makalah ini, pembaca
diharapkan untuk dapat :
1. Memehami cara memulai, menjalankan,
dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu
microsoft office word.
3. Mengoperasikan perintah cetak pada
microsoft office word.
4. Mampu menggunakan / mengaplikasikan
penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.
C. Manfaat
Setelah
mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :
1. Memahami cara mengoperasikan.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu yang
ada.
3. Menggunakan fungsi mencetak hasil
pengolahan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah Microsoft Office
Sejarah Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu
kita ketahui, agar kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya. Karena
tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian hidup kita dalam
hal pekerjaan “ misalnya “ tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini, seperti
halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya ilmiah dan
lan sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft Office. Jadi,
alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah Microsoft Office dan
perkembangannya hingga sampai saat ini. Dalam perjalanannya, sejarah
Microsoft Office banyak mengalami perubahan dan penambahan fasilitas dari tahun
pertama kali diperkenalkannya yaitu tahun 1989. Dan untuk mengenal lebih jauh
serta mengikuti perkembangannya, berikut awalmula.com kutipan dari berbagai sumber
sejarah dan perkembangan Microsoft Office.
Sejarah Microsoft Office sesuai dengan namanya, software ini di produksi oleh
perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft Office pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1989.
Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi
3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word
sebagai pengolah kata, Microsoft Exel sebagai pengolah angka, Microsoft
Power Point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft
Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office versi 3.0, pada tahun 1995-an
Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft
meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini
Microsoft merombak total windows versi 3.1 dan windows 3.11 for workgroup,
perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu.
Sejalan perkembangan sistem operasi windows, Microsoft Office sendiri terus
berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh
sebagian besar masyarakat komputer didunia termasuk indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an microsoft telah meluncurkan bebrapa versi
microsoft office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan
aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari microsoft office yang masih
banyak digunakan saat ini antar lain microsft iffice 2000 microsoft office XP
(2002), dan microsoft office 2007.
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan microsoft office 2003
maish belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan
teknologi dan sisitem operasi yang juga terus berkembang , maka diluar dugaan
microsoft kembali meluncurkan microsoft office 2007 bersaam dengan windows
vista.
B. Pengertian Microsoft Word
1. Microsoft offfice 3,0. Ternyata yang
pertama dirilis adalah versi 3.0. pada versi inihanya tersedsia untuk OS
windows.
2. Microsoft office 4.0 dirilis pada
tahun 1994, berisi word 6.0, Exel 5.0,powerpoint 4.0, Mail dan Access.
3. Microsoft office 4.3. seri ini
merukan seri dengan 16 bit terakhir dan juga versi terakhir yang
mendukung windows 3.x. windows NT 3.1 dan windows NT 3.5.
4. Microsoft office 95 atau juga
dikenal dengan versi 7.0. vers ini menggunakan 32 bit agar cocok dengan windows
95 profesional. Yang versi standar terdiri dari word 7.0 dan Exel 7.0,
powerpoint 7.0 dan schedule +7.0. versi profesional terdiri dari semua yang ada
di standar ditambah dengan access 7.0.
5. Microsoft office 97. (office 8.0),
versi ini dirilis dengan banyak fitur dan perkembangan dibanding versi
sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana
menu dan toolbar di buat lebih mirip dengan visual designya. Office 97 juga
memiliki fitur natural language sistem dan sophisticated grammar chekking. ini
versi yang pertam kalinya menggunakan office assistant.
6. Microsoft office 2000 (offfice 9.0)
pada versi ini banyak opsi-opsi desembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga
penting, tetapi kecl penggunaannya oleh orang awam.jika ingin digunakan opsi
ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah macro. Mengapadisembunyikan ?.
karna dapat menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah persi terakhir yang
dapat dijalankan di windows 95. Pada versi ini juga tidak ada pruduct
activation. Enak kan ? produk activation mulai ada di versi selanjutnya.
7. Microsoft office XP. Bisa disebut
sebgai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrate besar-besaran dengan
banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan fitur safe mode.
Memungkinkan aplikasi contohnya outlook untuk bisa booting ketika terjadi
kesalahan system, seperti registry yang corrupt, lalau adanya fitus smart tag
yang memungkinkan mengingatkan user bila ada pengetikan yang salah ejaan.
Tetapi pada office ini smart tag hanya bisa digunakan di word dan Excel. Office
Xp juga terintegrasi dengan perintah suara dan pendiktean kata, seperti sebaik
mungkin seperti tukisan tangan.di pruduct ini ada juga product activation.
Office Xp mendukung windows 98, ME< NT 4.0. office Xp juga dikenal sebagai
yang pertama untuk versi office yang bisa berjalan baik di OS vista.
8. Microsoft office 2003 (office 11.0)
sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua
aplikasi juga ada yaitu, microsoft infopatch dan onenote. Ini versi yang
pertama kalinya menggunakan gaya windows XP beserta Iconnya. Outlook 2003
memberikan fungsi yang telah berkembang seperti cerberos authentication, RPC
over HTTP, dan Cached Exchange mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk
mail yang telah digunakan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung
windows 2000. Versi ini juga versi yang paling banyakdipakai di indonesia
terutama untuk rental dan warnet dalam kurun waktu terkhir 2009.
9. Microsoft office 2007. (office 12.0)
versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga ada groove, sebuah
aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki desighn tampilan baru yang bernama
fluen user interface. Lalu ada Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar.
Untuk menginstallnya membutuhkan minimal windows XP Sp2. Pada tahun 2009 office
ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan office 2003. Indonesia
memang agak lambat dalam menyesuaikan perkembangan teknologi.
10. Microsoft office 2010.(office
14.0)untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada
tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karna adanya tahayul terhadap nomor 13.
C. Perkembangan Microsoft
Microsoft word atau microsoft office word adalah perangkat lunak pengolah kata
(word processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
multi-tool word untuk Xenix, versi-versi lain juga dikembangkan untuk berbagai
sistem operasi, misalnya DOS (1983), apple macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2,
dan microsoft windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office
sistem 2003 dan 2007 diberi nama microsoft office word.
Banayak ide konsep word diambil dari bravo, pengolah kata berbasis grafik
pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research center (PARC). Pencipta
Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xeros PARC dan beralih ke microsoft pad
1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dar PARC pad 1 februari 1983,
perkembangan multi tool dimulai.
Setelah diberi nama baru microsoft word, microsoft menerbitkan program ini pada
t25 oktober 1983 untuk IBM PC. Saat tiu dunia pengelolah kata dikuasai oleh
wordperfect dan juga wordstar . word memiliki konsep “what you see is what you
get”. Atau WYSIWYG, dan merupak program pertama yang dapat menghasilkan cetak
tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang
saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS lain, seperti wordstar dan wordperfect, menampilkan
hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak
tebal, miring dan sebagainya. Word untuk macintosh, meski memiliki banyak
tampilan dari versi DOS nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit
perbedaan dengan kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan
resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada program seperti itu yang
beredar di publik. Setelah Lissa write dan Marcwrite, microsoft pun mencoba
untuk menambahkan fitur WYSIWYG kedalam program word for macintosh. Setelah
Word for macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian
yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsft tidak membuat vesi
2,0 for macintosh, untuk menyamakan versi dengan word untuk sistem atau
platform lainnya.
Versi selanjutnya dari word for macintosh, adalah word 3,0, yang dirilis pada
tahun 1987. Versi ini mencangkup bnyak peningkatan dan fitur baru dan memiliki
banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, microsoft mengganti word 3,0 dengan
word 3,01 yag jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari word 3,0
dikirimi surat yang berisi salinan word 3,01 secara gratis, sehingga menjadikan
ini kesalahan microsft paling mahal untuk di tebus pada waktu itu. Word 4,0
yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga
stabil degunakan.
Pada rentang tahun ini, word for windows diluncurkan. Versi pertama dari word
for windor dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 dollar amerika serikat.
Dengan dirilisnya microsoft windos 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun
akhirnya terdongkrak naik, mengingat word for windows 1.0 didesain untuk
windows 3.0 dan performanya sangat uruk jika dijalankan pada versi sebelumnya.
Microsoft menunggu hingga merilis word 2.0 untuk mengukuhkan microsoft word
sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
D. Fungsi-Fungsi Menu Bar Pada
Microsoft Word
1. Menu file, sub menu file
Ø
New : membuka document baru yang
masih kosong
Ø
Open: membyuka file document yang
telah disimpan
Ø
Close: menutup document
Ø
Save : menyimpan document ke media
penyimpanan
Ø
Save As : menyimpan document ke
media penyimpanan dengan format lain
Ø
Save As web Page : menyimpan dalam
format file web page
Ø
Seacrh : mencari teks tertentu dari
suatu file
Ø
Versisons : untuk mengetahui versi
Ms. Word
Ø
Web page priview : melihat tampilan
dokumen dalam format web page
Ø
Page setup : mengatur tampilan
halaman yang akan di cetak
Ø
Print priview :melihat tampilan dari
dokumen yag akan di cetak
Ø
Print : mencetak dokumen dan
mengatur kerja printer
Ø
Send to :mengirim document melalui
E-mail
Ø
Propertise :mengetahui beberapa
keterangan mengenai dokument.
Ø
Exit : menutup program Ms. Word
2. Menu edit, sub menu edit
Ø
Undo : membatalkan perintah yang
telah dilakukan
Ø
Redo : mengulangi perintah yang
telah dilakukan
Ø
Cut : menghapus/memindahkan teks
atau objec ke clipboard
Ø
Copy : menyalin teks atau objek yang
dipilih ke clipboard
Ø
Office clipboard : membuka isi
clipboard
Ø
Paste: menempatkan objek/ teks yang
ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
Ø
Paste special : menempatkan
obek/teks pada clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang
berbeda
Ø
Paste hyperlink : menempatkan teks
sebagai hyperlink
Ø
Clear : menghapus semua data (All),
format data (formats), komentar (comment), isi data (content), yang ada pada
lembar kerja
Ø
Select All: memblok semua isi
document
Ø
Find : mencari kata dari document
yang aktif
Ø
Replace : mencari dan mengganti kata
tertentu dari dokument yang sedang aktif
Ø
Go to : menujju ke halaman
Ø
Links : mengubah sumber link objek
pada document yang aktif
Ø
Object : mengedit object yang bukan
berasal dari document word
3. Menu view, sub menu view
Ø
Normal : menhubah tampilan layar ke
bentuk normal
Ø
Web layout : mengubah tampilan layar
dalam bentuk web view
Ø
Print layout :mengubah tampilan
layar pengetikan ke bentuk print preview
Ø
Outline : mengubah tampilan layar ke
bentuk out line view
Ø
Task pane : menampilkan /
menyembunyikan bantuan task pane di layar
Ø
Toolbars : menampilkan dan
menyembunyikan toolbar
Ø
Ruler : menampilkan / menyembunyikan
mistar/garis pengatur
Ø
Show paragraph marks : menampilkan
simbol paragraph
Ø
Gridlines : menmpilkan tanda garis
pada lembar kerja
Ø
Document map : menmpilkan dokumen
dengan disertai peta gambar
Ø
Header footer : membuat dan
menghapus judul atas dan bawah di document
Ø
Markup : menampilkan toolbar markup
Ø
Fullscreen : menampilkan document
dalam satu layar penuh
Ø
Zoom : menentukan ukuran tampilan
lembar kerja pada layar
4. Menu insert, sub menu insert
Ø
Break : menentukan jenis perpindahan
halaman
Ø
Page number : Memberi nomor halaman
Ø
date and time : menyisipkan tanggal
dan waktu yang berlaku saat ini
Ø
autotext :menyisipkan kata
Ø
field : menyisipkan field
Ø
symbol : menhyisipkan simbol ke
dalam teks
Ø
comment : mnyisipkan komentar
Ø
reference : menyisipkan footnote,
caption, cross reference
Ø
web component : menyisipkan komponen
dari web
Ø
pictur : menyisipkan gambar
Ø
diagram : menyisipkan diagram
Ø
text box : menyisipkan teks / atau
gambar yang berada dalam kotak tertentu ke dalam dokumen aktif
Ø
file : menampilkan toolbar markup
Ø
object : menyisipkan objek ke dalam
dokument
Ø
bookmark : menyisipkan tanda pada
suatu teks, file, atau dokumen (HTML)
5. Menu format, sub menu format
Ø
Font : memilih jenis, gaya, ukuran
dan efek huruf yang diinginkan
Ø
Paragraph : menentukan identitas,
spasi, pemotongan baris, dan halaman dokumen aktif
Ø
Bullets and numbering : menyisipkan
bullet dan nomer pada teks yang dipilih
Ø
Borders and shading : memberikan
bingkai pada arsiran
Ø
Columns : membuat dokumen
menjadi beberapa kolom
Ø
Tabs : menentukan batas tabulasi di
dalam dokument
Ø
Drop cap : memformat teks menjadi
huruf yang berukuran lebih besar dari awal paragraph
Ø
Text direction : mengatur arah
horizontal dan vertikal dari teks yang di ketik
Ø
Change case : mengatur teks yang di
sorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
Ø
Fit text : mengatur jarak antar
huruf dan kalimat
Ø
Background : memberi warna latar
belakag pada dokument
Ø
Theme : mengatur format tampilan
theme yang digunakan pada halaman web
Ø
Frames : membantu tabel daftar isi
dengan menggunkan heading dari dokument dan menempatkannya di sebelah kiri
frame
Ø
Autoformat : mengubah format yang
disediakan word menjasi format dokumen baru
Ø
Style and formating : mengubah style
dan format
Ø
Reveal formating : menampilkan teks
pane reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
Ø
Object : memformat suatu object
6. Menu tools, sub menu tools
Ø
Spelling and grammar :
menjalankanpemeriksaan ejaan dan tatabahsa dari teks atau paragraf dalam suatu
dokumen
Ø
Language : menjalangkan pasilitas
penerjemah bahasa
Ø
Word count : memberikan data
statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris yang
terdapat dalam dokumet aktif
Ø
Speech : mengubah pembicaraan melalui
microfon menjadi teks atau sebaliknya
Ø
Track changes : menandai teks yang
baru diubah sisihnya
Ø
Compare and marge documents :
membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya
Ø
Protect document : melindungi
dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokument
Ø
Online collaboration : menggandakan
diskusi dan bertukar informasi melalui internet
Ø
Letters and mailings : memuat surat
melalui fasilitas wizard
Ø
Macro : membuat dan menghapus macro
sendiri
Ø
Template dan add_ins : mengatur
tampilan template
Ø
Autocorrect option : memperbaiki
teks secara otomatis
Ø
Costumize : menata toolbar,
menambahkan perintah baru, membuat menu dari toolbar sesuai keinginan
Ø
Options : membantu menjawab sevekas
tabulasi , yaitu view, edit, print, save, user, information, compability, file
locations, security, spelling dan grammar dan track changes
7. Menu table, sub menu table
Ø
Draw table : menampilkan toolbar
tables dan borders untuk membuat gammbar tables
Ø
Insert : menyisipkan tables, baris,
sel dan kolom
Ø
Delete : menghapus tabl;es, baris,
sel, dan kolom
Ø
merge cells :menggabungkan beberapa
sel menjadi satu sel
Ø
split cell : memecah sel menjadi
beberapa sel
Ø
spilt tables : memecah table menjadi
beberapa table
Ø
table autoformat : memformat table
dengan format yang telah disediakan Ms. Word
Ø
autofot : menentukanpenyesuaian
judul windows kolom secara otomatis
Ø
heading rows repeat : mengulang
baris judul
Ø
convert : mengkorversi teks menjadi
table, atau sebaliknya
Ø
sort : mengurutkandata ata teks
Ø
formula : menggunakan rumus dan
fungsi yang disediakan Ms. Word
Ø
hide gridines : menampilkan atau
menyembunyikan garis bantu pada table
Ø
table propertise : menampilkan kotak
dialog table propertise
8. Menu window, sub menu window
Ø
New window : menampilkan dokument
yang sama dalam jendela yang beda
Ø
Arrange all : mengatur letak dan
bentuk jendela dokument yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen yang
aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
Ø
Split : membagi dokumen yang katif
menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian tang berbeda dari dokumen yang
sama pada waktu bersamaan
9. Menu help, sub menu help
Ø
Microsoft word help : menampilakan
menu help word
Ø
Show the office assistant :
menyembunyikan atau menampilkan office assistent
Ø
Office on the web : menampilkan
berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalui
internet
Ø
Activate product :mendeteksi
aplikasi word
Ø
Detect and repair : mendeteksi dan
memperbaiki program word
Ø
About Ms. Word :menampilkan kotak
dialog tentang Ms. Word yang digunakan
E. Fungsi tombol keyboard komputer
Ctrl + A
: select All
Ctrl +
B
: bold
Ctrl +
C
: copy
Ctrl
+D :
font
Ctrl +
E
: rata tengah
Ctrl + F
: find
Ctrl +
G
: Go to
Ctrl + H
: replace
Ctrl + I
: teks miring
Ctrl + J
: justify alighment
Ctrl + K
: insert
hyperlink
Ctrl + L
: rata kanan
Ctrl +
M : hanging ident
Ctrl + N
: new
Ctrl + O
: open
Ctrl + P
: print
Ctrl +
Q : normal
style
Ctrl
+R :
rata kiri
Ctrl + S
:
save/ save as
Ctrl +
T
: left ident
Ctrl + U
: underline
Ctrl + V
: paste
Ctrl +
W : close
Ctrl +
X
: cut
Ctrl +
Y
: redo
Ctrl +
Z
: undo
Ctrl
+1 :
singgle spacing
Ctrl + 2
: double
spacing
Ctrl + 5
: 1,5 lines
Ctrl +
esc : star menu
F1
: menjalankan fungsi pertolongan yang disediakan Ms. Word
F2
: memindahkan teks atau objek yang dipilih
F3
: menjalankan perintah autotext
F4
: megulangi perintah sebelumnya
F5
: menjalankan perintah find
F6
: menjalankan perintah other pane
F7
: memeriksa kesalahan ketik dan ejaan teks
F8
: awal perintah penyorotan /pemilohan teks atau objel
F9
: mengupdate field
F10
: mengaktifkan menu
F11
: memasukkan field berikutnya
F12
: mengaktifkan dialog save as
Esc
: membatalkan dialog /perintah
Enter
: melaksanakan pilihan atau engakhiri suatu paragraf
Tab
: Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler
horizontal.
horizontal.
Windows
: Mengaktifkan menu
start.
Shortcut
: Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor.
Delete
: Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor.
Backspace
: Menghapus 1 karakter di sebelah kiri
kursor.
Insert
:
Menyisip karakter di posisi kursor.
Home
: Memindahkan posisi kursor ke awal baris.
End
: Memindahkan posisi kursor ke akhir baris.
Page Up
: Menggulung layar
ke atas.
Page
Down : Menggulung layar ke bawah.
Up
: Memindahakan kursor 1 baris ke atas.
Down
: Memindahkan kursor 1 baris ke bawah.
Left
: Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri.
Right
: Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan.
Num Lock On
: Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif.
Num Lock Off
: Fungsi tombol navigasi aktif.
Shift +
F10 : Membuka menu
pintas, sama seperti mengklik kanan.
Alt
: Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain
hanya berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu
bar.
Shift + Delete
: Menghapus item yang dipilih secara permanen
tanpa menempatkan item dalam Recyle Bin.
Ctrl + Right Arrow : Memindahkan
titik penyisipan ke awal kata berikutnya.
Ctrl + Left Arrow
: Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya.
Ctrl + Down Arrow : Memindahkan
titik penyisipan ke awal paragraf berikutnya.
Ctrl + Up
Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke
awal paragraf sebelumnya.
Alt +
F4
: Menutup item aktif, atau keluar dari program
aktif.
Alt + Enter
:
Menampilkan properti dari objek yang dipilih.
Alt + spacebar
: Buka menu shortcut untuk jendela aktif.
Ctrl + F4
: Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan anda untuk
memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan.
Alt + Tab
: Switch antara item yang terbuka.
Alt + Esc
: Cycle melalui item dalam urutan yang mereka
telah dibuka.
Ctrl
+ Shift + Tab : Bergerak mundur melalui tab
Shift
+ Tab
: Bergerak Mundur melalui pilihan.
F.
Memulai Mengoperasikan Microsoft
word
Membuka Microsoft word
Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara, diantaranya
adalah :
1. Klik tombol Start yang ada di
taskbar.
2. Pilih menu program.
3. Kemudian pilih dan dan klik program
aplikasi Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program Microsoft Word
ditampilkan.
Membuat dokumen baru
Jika kita baru memulai mengoperasika Microsoft Word, biasanya
akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika
computer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini
bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1. Pada jendela Microsoft Word , pilih
menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.
2. Double klik pada icon Blank Document
untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan
pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :
1. Klik tombol new document yang ada
pada baris menu.
2. Pada jendela program Microsoft Word,
dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document,
dokumen kosong akan ditampilkan pada layar computer anda.
3. Selain kedua alternatif diatas, bis
ajuga dengan langsung menekan tombol Ctrl + N, maka dokumen baru akan
ditampilkan dilayar.
Mengetik Dokumen Baru
pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word, secara
otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama dokumen1 akan
ditampilkan dan siap digunakan. Setiap mengetik teks, teks yang anda ketik akan
muncul diposisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat
memindahkan kursor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang sedang anda ketik
mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara
otomatis panda ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombol enter untuk memindahkan
titik sisip ke baris berikutnya, hanya jika anda ingin memulai pengetikan di
baris baru sebelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai
paragraph baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai
sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraph.
Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombol Enter. Tanda
paragaraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan
berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak
ditampilkan.
Mengedit Teks
Jika anda membuat kesalahan selama proses pengetikan,
anda dapat memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
·
Tekan tombol Backspace untuk
menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
·
Tekan tombol Delete untuk menghapus
karakter di kanan titik sisip.
·
Untuk melakukan pengulangan dari
teks yang baru anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl + Y).
·
Untuk menghapus teks yang baru saja
anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo, Typing (Ctrl +Z) atau klik tombol
undo pada toolbar Standard.
·
Untuk pindah ke baris baru tanpa
menyisipkan sebuah tanda paragraph, tekan tombol Shift + Enter.
Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang anda pilih kelokasi lain, ikuti
langkah berikut ini :
1. Pilih teks yang akan anda salin.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit,
Copy (Ctrl +C).
3. Tempatkan titik sisip di
lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit,
Paste (Ctrl +V).
Men- Delete / Menghapus Teks
Untuk menghapus teks yang telah anda pilih, ikuti langkah
berikut ini :
1. Pilih teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit,
Clear atau tekan tombol Delete.
Meng-Cut-Paste / Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks yang anda pilih dilokasi yang
baru, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih teks yang akan anda pindahkan.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit,
Cut (Ctrl + X).
3. Tempatkan titik sisip pada lokasi
baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu
Edit, Paste (Ctrl + V).
Format Teks
·
Pilih atau sosrot teks yang
akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
·
Tempatkan titik sisip pada posisi
awal pengetikan teks, atur formatnya, kemudian ketik teks yang anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang anda ketik mulai dari
posisi titik sisip akan mengikuti format yang anda pilih sampai anda
melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain
pada dokumen.
Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (font) mempunyai nama,
misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah font dari teks
yang sebelumnya adalah :
·
Pilih atau sorot teks yang akan anda
ubah fontnya.
·
Pilih dan klik font yang anda
inginkan pada tombol daftar pilihan font yang terdapat pada baris toolbar
Formatting atau tekan Ctrl + Shif + F.
Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan
menggunakan template Blank document akan memakai pilihan Default Font Times New
Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf ( Font Size)
dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
·
Pilih atau sorot teks yang
akan anda ubah ukurannya.
·
Pilih dan klik ukuran yang anda
inginkan pada tombol daftar pilihan font size yang terdapat pada baris toolbar
formatting atau teka tombol Ctrl + Shift + P.
Mengatur Format Paragraph
Dalam Mifcrosoft Word, paragraph adalah segala sesuatu
yang diakhiri dengan menekan tombol Enter. Paragraph mungkin berupa judul
laporan, bagian suatu daftar, baris kosong diantara dua paragraph,
sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran. Anda dapat
mengatur format paragraph dengan menngunakan salah satu cara berikut ini
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar